While my life without you

Loading...

Senin, 25 Maret 2013

RPP BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama  Sekolah            :   SMA  Negeri  2 Palembang
Mata Pelajaran            :   Biologi
Kelas/ Semester           :   X (Sepuluh)/1
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1  x  45  menit)
Standar  Kompetensi  : 1. Memahami hakikat Biologi Sebagai Ilmu

Kompetensi  Dasar      :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.

Indikator:
1.      Menjelaskan karakteristik umum Sains.
2.      Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu biologi.
3.      Menjelaskan paa yang dikaji (ruang lingkup) Bilogi.
4.      Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan biologi dengan ilmu yang lain.
5.      Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi.
6.      Memberikan contoh manfaat mempelajari Biologi.
7.      Memberikan contoh dampak negative yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu biologi.
8.      Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.

Nilai Karakter Budaya Bangsa
Religius
·   Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan di alam semesta melalui mempelajari Hakikat Biologi sebagai ilmu. (Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan struktur yang paling sederhana hingga suatu kesatuan kehidupan yang kompleks serta mengatur kehidupan makhluk hidup tersebut).
·  Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan YME melalui mempelajari Biologi  (makhluk) hidup dengan cara menjaga dan melestarikan lingkungan untuk generasi yang akan datang.
Disiplin
·         Mengikuti pelajaran dengan baik dan menjaga kekondusivan suasana belajar.
·         Mengerjakan tugas sesuai intrupsi dan mengumpulkannya tepat waktu.
Kerja Keras
·  Mengerjakan tugas dengan teliti dan rapi serta menggunakan waktu secara efektif.

·  Mencari contoh keterkaitan Biologi dengan Ilmu pengetahuan lain serta peranannya dalam perkembangan IPTEK baik yang bersumber dari buku teks maupun sumber lain
Rasa Ingin Tahu
·  Dengan mempelajari biolog, ruang lingkup serta perannya maka akan semakin menambah rasa ingin tau siswa untuk terus mempelajarinya lebih lanjut.
Mandiri
·  Mencari tau tentang hal-hal baru yang dipelajarinya dalam Biologi melalui buku pelajaran, internet atau literature yang lainnya.
Toleransi
·  Memberikan kesempatan pada teman untuk mengemukakan pendapat dan dapat menerima pendapat itu apabila ada perbedaan
Peduli Sosial
·  Mampu menjadi tutor sebaya bagi teman lain yang mengalami kesulitan dalam belajar.
Komunikatif
·  Dengan mempelajari materi yang didapatkannya dari buku, internet atau literature yang lainnya, siswa dapat memiliki suatu argumentasi tentang permasalahan yang ditanyakan guru. Misal, tentang pro atau kontra tentang dikembangkannya Rekayasa genetika terhadap manusia.
Kreatif
·  Mengembangkan ide-ide yang dimikinya untuk memberikan solusi tentang dampak negative yang timbul dari perkembang ilmu Biologi.
Tanggung jawab
·               Mampu mempertanggungajawabkan argumentasi yang diungkapkannya.
·               Konsisten tarhadap kesepakatan yang diterapkan dalam kelas.



I.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat:
1.      Menjelaskan karakteristik umum Sains.
2.      Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) Bilogi.
3.      Mengidentifikasi kedudukan Biolgi dan keterkaitannya dengan ilmu pengetahuan yang lainnya.
4.      Menyusun laporan sederhana dari hasil pengamatan dan diskusi mengenai ruang lingkup biologi.
5.      Menjelaskan peranan ilmu biologi terhadap kehidupan sehari-hari.
6.      Menjelaskan contoh dampak negative yang timbul akibat perkembangan ilmu biologi.
7.      Mengungkapkan argumentasi tentang solusi dalam menanggulangi dampak yang timbul akibat mempelajari biologi.
8.      Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi.

II.  Materi Pembelajaran
HAKEKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU
Biologi ialah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai makhluk hidup. Biologi adalah salah satu ilmu, yang menjadi objek dari ilmu ini ialah makhluk hidup dan yang menjadi subjeknya tentulah manusia. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menjalani fenomena-fenomena atau gejala-gejala kehidupan yang kemudian melekat dihatinya, difikirannya, diingat dalam ingatannya. Dengan demikian terbentuklah apa yang dinamakan “pengetahuan arena pengalaman”.
Pengetahuan tentang kehidupan mulai dibicarakan sejak manusia banyak menghadapi masalah, salah satu diantaranya adalah penyakit. Manusia pada waktu itu berpendapat, bahwa masalah penyakit itu disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan dunia mistik (metafisik). Pewarisan pengetahuan yang diberikan kepada orang-orang kepercayaan saja (pewarisan tertutup), sehingga perkembangan pengetahuan sangat terbatas dan lamban. Penemuan-penemuan baru lebih berdasarkan pada faktor coba-coba dan kebetulan. Yang mendapatkan pewarisan tertutup pada waktu itu masih terbatas di kalangan para dukun, pendeta dan tabib.
Dengan berkembangnya pengetahuan ini, maka sudah ada sekelompok anggota masyarakat secara diam-diam meneliti asal-usul penyakit atas dasar pandangan objektif (akal sehat), dan pertama kali dipelopori oleh hipoerates (760- 370 SM).
Istilah biologi lahir pada zaman peradaban Yunani. Berasal dari kata bios yang artinya hidup dan logos dengan arti ilmu, jadi pengertian biologi pada waktu itu merupakan bidang studi yang khusus mempelajari makhluk-makhluk hidup saja. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1801 yang dikemukakan oleh Lamarck dan Treviranus, sedangkan Ariseles (384-322 SM) dipandang sebagai tokoh perintis perkembangan ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup.
Pengertian biologi dapat kita katakan suatu ilmu tentang seluk beluk makhluk hidup dan kehidupan. Sekarang mengapa kita mempelajari biologi? Satu alasan yang menonjol atas yang lain ialah untuk mengetahui banyak tentang diri kita sendiri dan bumi yang kita huni. Kita adalah hewan, dalam banyak hal kita hanyalah berbeda sedikit dengan hewan-hewan lain. Dalam beberapa hal kita berlainan benar sehingga kita menempati posisi yang unik di dunia ini. Salah satu yang membedakan manusia dengan hewan adalah sifat kemelitan (keingintahuan). Homo Sapien adalah “orang yang mengetahui”. Keinginan untuk mengetahui merupakan tonggak perwujudan manusia. Jadi kita mempelajari biologi karena alasan yang sama mengapa kita mempelajari fisika, kimia, matematika, sejarah, kesusastraan dan budaya. Untuk memperoleh pengetahuan segi lain tentang kehidupan kita dan bumi kita.
Dalam kehidupan sehari-hari pengetahuan tentang biologi sangat bermanfaat bagi kehidupan, seperti membantu bidang pertanian, peternakan, kedokteran, industri makanan, pemeliharaan lingkungan hidup dan lain-lainnya
Pengetahuan ini berasal dari telah tentang sejarah, agama, falsafah, kesusasteraan dan budaya, atau istilahnya bersifat humaniora. Untuk menentukan keputusan yang efektif tidak saja diperlukan pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai yang patut dilindungi atau dikembangkan di masyarakat, tetapi juga pengetahuan tentang asas-asas fisika dan biologi yang mendasari kehidupan kita. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang bermula dari telah sains biologi ilmu tentang kehidupan merupakan satu diantara ilmu-ilmu sains.
1. Karkteristik Biologi sebagai ilmu (Sains)
Ilmu pengetahuan berkembang karena hakikat manusia yang serba ingin tahu. Mengembangkan ilmu pengetahuan tidak harus berawal dari nol, melainkan bisa dari hasil penelitian orang lain asal sesuai dengan karakteristik sains itu sendiri. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Adapun karakteristik ilmu pengetahuan alam termasuk biologi (SAINS/IPA) yaitu:
Obyek kajian berupa benda konkret dan dapat ditangkap indera
Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (pengalaman nyata) Memiliki langkah-langkah sistematis yang bersifat baku
Menggunakan cara berfikir logis, yang bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum. Bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi ketentuan khusus.
Hasilnya bersifat obyektif atau apa adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif) Hasil berupa hukum-hukum yang berlaku umum, dimanapun diberlakukan
2. Ruang lingkup biologi
Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study, Mayer 1980) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa kingdom (plantae, animalia, protista, fungi, archebacteria, eubacteria). Ditinjau dari tingkat molekul (virus) - sel (protozoa, bakteri dan tumbuhan unisel) - jaringan (porifera & coelenterata) - organ (hati, ginjal, dll) - sistem organ (sistem sirkulasi, sistem transportasi, dll) - individu (manusia) – populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang sama) – komunitas (kumpulan beberapa populasi) – ekosistem (kumpulan beberapa komunitas) – biosfer (kumpulan bebrapa ekosistem).
3. Keterkaitan biologi dengan ilmu-ilmu lain dalam IPA
Biologi merupakan ilmu tentang kehidupan, karena itu biologi memiliki hubungan dengan berbagai pengetahuan yang ada di bumi ini. Sebelum kita melihat keterkaitan biologi dengan ilmu-ilmu lain dalam MIPA kita lihat dulu kedudukan biologi diantara ilmu pengetahuan lain.
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) merupakan ilmu dasar atau basic science. Ilmu pengetahuan dasar ini terdiri dari matematika, fisika, dan biologi. Matematika dapat dikatakan juga sebagai bahasa yang paling penting untuk mengkomunikasikan science itu sendiri. MIPA dikatakan sebagai ilmu dasar, karena pengetahuan MIPA merupakan dasar untuk teknologi. Tingkat kedasaran dari MIPA ini berbeda-beda, tingkat yang paling dasar adalah matematika, diikuti fisika, kimia dan biologi. Dengan demikian untuk menjadi seorang biologi (ahli biologi) kita harus mengetahui dan memahami ilmu dasar yang mendahuluinya.
Kaitan biologi dengan ilmu-ilmu lain dalam MIPA dapat kita lihat dalam kajian ilmuya. Dalam ilmu dasar, matematika merupakan ilmu paling dasar sebelum beralih kepada IPA. Matematika berperan sebagai alat untuk menjelaskan segala fenomena yang terjadi di dalam. IPA itu sendiri menjadi objek energi dan materi yang berhubungan dengan perubahan efek atau akibatnya. Kajian materi dapat dibedakan menjadi makhluk hidup dan benda tak hidup.
4. Objek Biologi
Biologi dapat dibedakan berdasarkan objeknya (the nature organisme) dan pendekatan atau metode mempelajarinya. Berdasarkan objek, biologi dibedakan atas botani, yaitu ilmu yang mempelajari seluk beluk mengenai tumbuhan, zoologi, ilmu yang mempelajari seluk beluk hewan. Mikrobiologi, mempelajari seluk beluk mikroorganisme, yaitu makhluk hidup yang tidak tampak dilihat dengan mata telanjang, karena ukurannya yang sangat halus. Termasuk dalam kelompok mikroorganisme ini ialah golongan protista dan monera, tidak termasuk dalam kajian botani atau zoologi.
Berdasarkan pendekatan atau metode mempelajarinya dapat dibedakan menjadu dua, yaitu secara kelompok. Pendekatan individu meliputi morfologi, anatomi, histology, sitologi, fisiologi dan mebriologi. Pendekatan kelompok atau grup diantaranya taksonomi, ekologi, phitogeografi, zoogeografi, bereditas dan evolusi.
5. Cabang-Cabang Biologi
Biologi sampai saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memperkaya cabang-cabang biologi. Berikut ini diantara contoh cabang-cabang biologi yang didasarkan kepada pendekatan yang digunakan seperti diatas dan didasarkan pada penerapannya antara lain anatomi, anastesi, botani, bakteriologi, ekologi, embriologi, entomologi, evolusi, tarmakologi, fitopatologi, fisiologi, genetika, ginekologi, geologi, histology, hygiene, hilminthologi, ichthyologi, kilimatologi, kinekologi, lomnologi, mikologi, mikrobiologi, morfologi, malakologi, organologi, ormitologi, patologi, parasitologi, palaentologi, sitologi, sanitasi, taksonomi, teratology, dan zoologi (cari pengertian atau materi yang dipelajari dalam materi- materi di atas).
6. Biologi sebagai bagian dari IPA (science)
Biologi merupakan salah satu ilmu dasar yang tidak dapat berdiri sendiri dalam memecahkan suatu masalah. IPA dan matematika saling menunjang, mengembangkan dan membutuhkan. Dalam hal ini semua ilmu tersebut berkaitan satu sama lain.
Dalam MIPA ada konsep yang menyatukan semua ilmu dasar tersebut, semuanya dapat dikatakan sebagai science (sains), dimana dalam pemecahan masalah menggunakan apa yang kita sebut dengan metode ilmiah.
7. Dampak mempelajari biologi
Peran biologi dalam kehidupan memberikan dampak negatif dan dampak positif. Dampak positif atau manfaatnya yaitu (1) Manusia sadar terhadap hidup dan kehidupan dalam lingkungan, (2) Diciptakan bibit unggul yang ramah lingkungan, (3) pemanfaatan mikroorganisme dalam segala bidang, (4) Dalam bidang Farmasi ditemukannya obat-obatan, (5) Dalam bidang kedokteran ditemukannya vaksin dan masih banyak manfaat Biologi bagi kehidupan. Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu (1) Mengeksploitasi SDA dengan sembarangan, (2) Penggunaan bibit unggul dan pestisida berlebihan yang akan berdampak pada biodeversitas, (3) Penggunaan senjata biologi yang mematikan, yang akan merusak lingkungan biotik maupun abiotik. Oleh karena itu kemajuan biologi yang demikian pesatnya harus diimbangi dengan iman dan takwa, sehingga pemanfaatan lebih optimal dan meminimalkan dampak negatif yang ada.

III.         Model/Metode Pembelajaran
Model    : Cooperative Learning
Metode  :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan


IV.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Guru
Siswa
Nilai Karakter
1
Pendahuluan
(15 Menit)
·         Do’a
·         Absensi
·         Siswa berdoa
·         Siswa melaksanakan absen
Religius


·         Apersepsi:
Apakah yang kalian ketahui tentang Biologi?
·         Guru Menampung pendapat siswa.
·         Mengungkapkan pendapat yang dimikinya.
·         Siswa menarik kesimpulan dari jawaban-jawaban yang ditampung oleh guru.
Komunikatif.




·         Guru memberitahukan kepada siswa tentang tujuan pebelajaran
·         Guru membuat kesepakatan kontrak belajar dengan siswa.
·         Siswa memperhatikan dengan sekasama.
·         Siswa menyetujui kesepakatan kontrak belajar.
·         Tanggung jawab
·         Disiplin
·         Motivasi:
Guru memberitahukan bahwa siswa  bahwa Biologi merupakan ilmu pengetahuan yang sangat luas cakupannya dan saling berkaiatan dengan ilmu pengetahuan yang lainnya.
·         Siswa mendengarkan
·         Rasa ingin tahu.
2
Kegiatan Inti

a.       Eksplorasi
(40 menit)



























































































b.      Elaborasi
(10 menit)



















c.       Konfirmasi
·         Guru menjelaskan tentang karakteristik ilmu sains.
·         Guru menjelaskan kepada siswa tentang ruang lingkup biologi dan ilmu-ilmu yang mempelajarinya. Misal; Sel: Sitologi, Jaringan: Histologi, Hewan: Zoologi.

·         Tanya Jawab:
*Guru menanyakan kepada siswa tentang kegiatan sehari-hari atau yang berkaitan dengan Biologi, atau kerjasama Biologi dengan ilmu pengetahuan yang lainnya.

*Guru meminta siswa untuk  menyebutkan manfaat perkembang Ilmu Biologi dalam berbagai aspek  kehidupan.

·         Guru menginfomasikan kepada siswa tentang contoh permasalahan yang timbul akibat perkembangan ilmu biologi, missal rekayasa genetika pada manusia atau pembuatan senjata biologis.
·         Tanya jawab:
Guru bertanya kepada siswa tentang contoh masalah lain yang timbul akibat perkembangan ilmu Biologi dan cara penanggulangan/penanganannya. (Guru mengizinkan siswa untuk berdiskusi dengan teman)

·         Memberi pujian kepada siswa yang aktif dan memberi motivasi kepada peserta didik yang belum aktif.
·         Meluruskan persepsi siswa yang keliru.




·         Mengkondisikan peserta didik dari permasalahan yang ada kedalam kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi
·         Memfasilitasi, mengarakan dan memberikan motivasi belajar kreatif, analisis, dan mandiri


·         Berperan sebagai narasumber, fasilisator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang mengalami kesulitan
·         Memberi pujian terhadap siswa yang aktif dan memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif
·         Mendengarkan dengan seksama dan mencatat poin-poin yang penting.
·         Mendengarkan dengan seksama dan mencatat poin-poin yang penting.












·         Mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan sehari-hari yang berkaiatan dengan Biologi atau kerjasama Biologi dengan ilmu pengetahuan yang lainnya.



·         Siswa mengungkapkan pendapatnya tentang peranan Biologi dalam berbagai aspek  kehidupan



·         Mendengarkan dengan seksama dan mencatat poin-poin yang penting.



















·         Siswa melakukan diskusi terlebih dahulu atau langsung mengungkapkan pendapatnya tentang pertanyaan yang diajukan guru.






















·         Siswa memperhatikan dan mencatat poin-poin yang penting.
















·         Peserta didik mampu menerima perbedaan pendapat dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab.
·         Siwa mampu membuat kesimpulan atas materi yang dipelajari.

·         Disiplin
·         Tanggung Jawab

















·         Disiplin
·         Kerja keras
·         Mandiri
·         Kreatif
·         Toleransi
·         Peduli social





































































·         Disiplin
·         Kerja keras
·         Mandiri
·         Kreatif
·         Toleransi
·         Peduli social













·         Disiplin
·         Kerja keras
·         Mandiri
·         Kreatif
·         Toleransi
·         Peduli social


3
Kegiatan Penutup (15 Menit)
·      Guru memastikan bahwa siswa telah jelas mengerti tentang materi yang dipelajari.
·      Guru memberikan kesempatan bagi siswa yang ingin bertanya atau belum jelas.
·      Guru memberikan soal evaluasi
·      Guru membimbing Peserta didik membuat rangkuman atas materi yang dipelajari.
·      Peserta didik dan guru bersama-sama melakukan refleksi.
·      Mengimformasikan materi selanjutnya untuk dipelajari di rumah
·      Guru menutup kegiatan belajar.
·         Siswa mengonfirmasi tentang kejelasan materi yang dipelajari.


·         Siswa mengajukan pertanyaan. (Jika ada).




·         Siswa mengerjakan soal evaluasi.

·         Siswa membuat kesimpulan.





·         Siswa dan guru melakukan refleksi.


·         Siswa menyepakati tentang tugas yang diberikan guru.

·         Siswa menutup kegiatan belajar.
·         Toleransi
·         Peduli Sosial
·         Tanggung Jawab
·         Mandiri Kerja Keras

V.  Alat dan Bahan
a.    Alat
·      Laptop, LCD. (Alternatif: Charta, Gambar, Makhluk hidup di Lingkungan Sekitar).
b.         Bahan/Media
·      Bahan cetak tentang Hakekat Biologi sebagai ilmu, Ruang Lingkup Biologi dan  struktur organisasi kehidupan, Power Point tentang Hakekat Biologi sebagai ilmu, Ruang Lingkup Biologi dan  struktur organisasi kehidupan, Berita atau artikel tentang perkembangan dan dampak perkembangan ilmu Biologi.
c.    Sumber
Anonim.BiologiSebagai.Ilmu.(Online).http://biologi.blogsome.com/2010/08/06/biologi-sebagai-ilmu/.Diakses 30 Juli 2012.

Prawiroutomo.slamet,dkk.2007.Sains Biologi 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Ran.Mengenal Biologi.(Online). http://indonesiaindonesia.com/f/95268-bab-mengenal-biologi-ilmu/. Diakses 30 Juli 2012.

Cameleon, Chalie. 2010. Manfaat biologi dalam kehidupan manusia. (online), (http://chalie-cameleon.blogspot.com/2010/03/manfaat-biologi-dalam-kehidupan-manusia., diakses 6 April 2012


VI.         Penilaian
Penilaian proses
A.    Kognitif
1.   Tes lisan (penilaian tes lisan berdasarkan kegiatan tanya jawab).
2.   Keaktivan dan partisipasi siswa dalam kegiatan Tanya jawab.
3.   Menilai kemampuan siswa dalam mengumpul hasil belajar.
4.   Teknik Penilaian     : Tes uraian
5.   Bentuk Instrument : Tes uraian

Instrument Soal
Skor
1.Jelaskan apa pengertian Biologi!
5
2. Jelaskan cabang-cabang ilmu yang dipelejari dalam biologi, minimal3!
10
3.                  Sebutkan 4 ciri makhluk hidup!
5
4.          Jelaskan apa peranan perkembangan ilmu Biologi bagi kehidupan manusia, berikan contoh minimal 3!
10
5.          Jelaskan dampak negative yang mungkin timbul akibat perkembangan Biologi serta berikan solusi dalam menghadapinya!
20

Nilai: Jumlah Skor x 2.

Kunci Jawaban:
1.      Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan.
2.      Zoologi: Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan, Botani: Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan, Mikologi: Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur, dan sebagainya.
3.      Bernapas, Tumbuh, mengeluarkan zat sisa, bergerak, berkembang biak, makan, minum, menanggapi rangsang.
4.      Misal, karena berkembangnya biologi di Negara-negara maju seperti Amerika dibangun bank sperma yang menyebabkan anak-anak lahir tidak jelas garis keturunannya. Solusinya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kejelasan garis keturunan.

B.  Afektif
Penilaian proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar
No
Elemen yang Dinilai
Skor Maksimal
Penilaian Peserta Didik
1
Mengikuti belajar secara aktif.
20

2.
Pertanyaan yang diajukan telah dipikirkan secara seksama dan ada kaitannya dengan materi pembelajaran.
20

3.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan maksud dan tujuan pertanyaan.
20

4.
Menghargai saran dan pendapat sesama teman peserta diskusi.
20

5.
Menghargai pendapat yang berbeda dari teman
20

Total Nilai
100

   Sumber: adaptasi Hibbart. K.M (1995:27 dalam Sulasih:2010) 

C.  Psikomotorik
 Menilai aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
No
Elemen yang Dinilai
Skor Maksimal
Penilaian Peserta Didik
1
Kecermatan siswa dalam memahami materi yang disampaikan.
20

2
Kemampuan siswa dalam mengulangi penjelasan materi yang disampaikan.

20


3
Kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi.
20

4
Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan materi.
20

5
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas rumah yang diberikan.
20

Total Nilai
100

Sumber: adaptasi Hibbart. K.M (1999:103 dalam Sulasih:2010
  











Mengetahui,
Palembang,  Juli  2012
Guru Pamong



Dra. Zulbaidati
(NIP. 19590721 198701 2001)
Guru PPL



Agustin E. Sumanti
NIM. 34 2009 207





Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Palembang




Dra. Erliana, MM
NIP. 196111061986032005

           
           




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar